Energi dan Momentum Sudut

Energi dan Momentum Sudut

1.  Energi Gerak Rotasi


Sebuah benda yang bergerak rotasi juga me-miliki energi kinetik dan dinamakan energi kinetik rotasi. Analog dengan energi kinetik translasi, energi kinetik rotasi dipengaruhi oleh besaran-besaran yang sama dengan massa yaitu I dan analog dengan kecepatan linier yaitu kecepatan anguler ω. Perhatikan persamaan berikut.

2.  Momentum Sudut

Kalian sudah banyak mempelajari besaran-besaran yang analog antara besaran linier (gerak translasi) dengan besaran sudut (gerak rotasi). Analogi ini juga berlaku pada momentum. Pada gerak translasi benda memiliki momentum linier sedangkan pada gerak rotasi ada momentum sudut. Definisinya dapat dilihat pada persamaan berikut.
Kekekalan momentum sudut
Momentum sudut memiliki hubungan dengan momen gaya. Masih ingat impuls dan momentum linier. Hubungan itu juga berlaku pada gerak rotasi. Hubungannya menjadi :
Perumusan ini dapat memenuhi hubungan deferensial juga.
Jika benda yang bergerak tidak bekerja gaya (impuls) maka momentumnya akan kekal. Konsep ini juga berlaku pada gerak rotasi. Perhatikan penjelasan berikut!

Jika pada benda yang berotasi tidak bekerja momen gaya (Στ  =  0) maka pada gerak benda itu akan terjadi kekekalan momentum sudut.

berarti L =  konstan, jadi berlaku

0 komentar:

Copyright © 2013Kumpulan Materi Fisika .